Selasa, 26 Maret 2013

Curhat

Penelitian itu tidak seperti yang dibayangkan. banyak tantangan dan hambatan jika tidak sungguh-sungguh menjalaninya. ya, emang begitulah seharusnya. apapun pekerjaan yang kita lakukan bukankah emang harus serius. dan itulah masalahnya sama aku. kata dosen pembimbingku, aku gak ada seriusnya sama sekali, terlihat main-main saja. seniorpun ikut mengatakan kalau aku ini tidak serius. padahal aku telah menyerahkan semuanya untuk penelitian ini. ah,....perasaanku campur aduk.... kemaren aku selesai melakukan penelitian. tapi banyak yang mempertanyakan hasilnya alias meragukannya..hahaha. kadang aku pengen ketawa lebar-lebar biar semua keragaun mereka hilang bersama suara tawa tersebut. aku adalah mahasiswa tingkat 5 di sebuah universitas negeri yang terkenal di propinsiku. jurusan yang aku ambil, kata orang jurusan remeh. padahal semua orang hidup dari hasilnya. tanpanya manusia takkan bisa hidup. apakah itu? yap, benar, pertanian. aku suddah cukup lama kuliah, sering ditanya kapan wisudanya. kadang agak menyebalkan sih. tapi kalo dipikir lagi, itu merupakan semangat untukku. balik ke penelitianku. menurutku sebuah penelitian tidak harus signifikan kn, hasilny??? itulah yang terjadi padaku. perlakuan yang kuberikan tidak berpengarh nyata. jadi apakah saya harus menipu agar hasilnya berbeda nyata??? ntahlah. kalo dibuat sesuai kenyataannya, kemungkinan akan ditolak oleh pembimbing. tapi jika dimanipulasi, bukankah itu dosa. dOushiyo?????????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar